Dunia

Sebenarnya memotret Menara Eiffel dimalam hari ilegal

Siapa yang tidak ingin mengabadikan keindahan Menara legendaris Eiffel ketika berkunjung ke Paris, Perancis?. Menara yang dibangun tahun 1887 tersebut telah menjadi tujuan utama para turis jika berkunjung ke Paris, tetapi sebenarnya memotret Eiffel ketika malam hari adalah tindakan yang melanggar hukum.

Menurut Travel and Leisure, membagikan foto menara Eiffel yang dipotret dimalam hari ketika diterangi lampu pertunjukkan adalah pelanggaran terhadap hak cipta milik seniman pencipta lampu – lampu tersebut.

Pada bagian FAQ di website Société d’Exploitation de la Tour Eiffel ( Perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan Menara Eiffel), salah satunya menyatakan bahwa :

“The views from the Eiffel Tower are rights-free. Permission and rights must be obtained from the “Société d’Exploitation de la tour Eiffel” (the Operating Company, or SETE) for the publication of photos of the illuminated Eiffel Tower.”

Yang mana menekankan bahwa pemandangan Menara Eiffel memang bebas dari hak cipta, tetapi untuk mengambil foto dan mempublikasikan foto Menara Eiffel yang sedang diterangi lampu pertunjukkan harus meminta izin kepada SETE.

Menara Eiffel adalah ruang untuk publik sejak pertama kali dibangun, dan mengambil foto menara tersebut pada siang hari adalah tindakan legal. Tetapi setelah ditambahkannya lampu pertunjukkan yang menyorot dan menerangi Eiffel pada tahun 1985, secara teknis hak cipta dimiliki oleh seniman pencipta lampu pertunjukkan tersebut.

 

Source
travelandleisure.com
Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close