DuniaTekno

Kenapa kebanyakan pintu pesawat berada disebelah kiri ?

Di era modern ini pesawat terbang telah menjadi pilihan bagi banyak orang sebagai moda transportasi, kemajuan teknologi penerbangan juga semakin canggih. Berbagai pesawat jenis baru terus dibuat demi mendukung persaingan penerbangan di dalam industri transportasi.

Dari begitu banyaknya pesawat penumpang komersial, sadarkah anda selama ini kebanyakan memiliki pintu masuk dari sebelah kiri badan pesawat?

Dikutip dari website pariwisata Travel & Leisure, pada masa awal adanya penerbangan, bandara udara dirancang untuk pesawat agar dapat melakukan taxi didepan terminal kemudian berhenti dan menurunkan penumpang. Menurut seorang mantan pilot Angkatan Udara AS, dengan pintu berada disebalah kiri pilot lebih mudah memperkirakan jarak sayap dengan bangunan terminal, dan dengan para penumpang berada disebelah kiri, juga menghindarkan mereka dari ground crew pada sebelah kanan badan pesawat yang melakukan pekerjaan teknis seperti pengisian bahan bakar dan lain – lain.

Penjelasan lainnya datang dari dunia pelayaran yang telah ada jauh sebelum adanya dunia penerbangan. Kebanyakan orang mengenal istilah port dan starboard sebagai sisi kiri dan kanan dari sebuah kapal. Sebenarnya etimologi “Starboard” berasal dari penempatan “Steerboard” atau kemudi kapal, bagian yang mirip dengan rudder dalam dunia penerbangan. Ditambahkan bahwa penempatan kemudi kapal ini membuat bagian kiri atau port menjadi bagian untuk menaikkan dan menurunkan penumpang, dan sebagian besar pesawat dirancang mengikuti hal ini.

Source
travelandleisure.com
Tags

Related Articles

Close