Dunia

Sebuah kapal mainan berlayar dari Skotlandia ke Skandinavia

Dua orang bocah kakak beradik melepas sebuah mainan kapal bajak laut untuk mengarungi laut Skandinavia. Ollie Ferguson, delapan tahun dan Harry lima tahun, berasal dari Turiff, pertama menghanyutkan kapal tersebut dari Peterhead pada akhir Mei yang lalu. Kapal mainan tersebut telah mengarungi ratusan mil hingga tiba di Denmark. Kedua bocah ini meluncurkan kapal tersebut sebagai bagian dari “bucket list” petualangan yang mereka rencanakan.

Image copyright PA / Ferguson family

Kapal yang diberi nama Adventure tersebut membutuhkan beberapa modifikasi untuk dapat bertahan di Laut Utara yang ganas. Penyeimbang ditambahkan agar kapal tetap tegak berdiri dan diisi dengan polystyrene agar bisa selalu mengapung. Setelah percobaan di kolam renang, mereka membawanya ke pantai dan meluncurkan kapal tersebut. Kapal tersebut membawa pesan bagi siapapun yang menemukannya agar dapat kembali melepaskan Adventure ke laut.

 

Ollie and Harry have drawn up a bucket list of adventures they want to complete

Ayah mereka, MacNeill Ferguson, mengatakan : “Setiap orang yang menemukannya cukup baik dan mengirimkan kami foto, mereka juga telah menjaga Adventure”. Ditambahkannya bahwa orang – orang yang menemukan cukup bersemangat mengenai kapal Adventure ini, dan kedua anaknya sangat menikmati setiap kali menerima pesan mengenai dimana saja Adventure telah berlabuh dan ditemukan orang lain. Ferguson dan kedua anaknya membuat peta di komputer untuk melacak kemana saja Adventure telah “berlayar”, menurut Ferguson hal ini dapat memberi pengertian kepada kedua anaknya seperti apa luasnya bumi ini.

Ferguson melanjutkan bahwa dia agak khawatir dengan arus disepanjang pantai yang membawa Adventure ke timur laut pantai Skotlandia, dia sangat bahagia ketika mendapat kabar bahwa kapal mainan itu telah berhasil mencapai Skandinavia.

Adventure sampai di Denmark kemudian Swedia, dimana kapal mainan tersebut ditemukan oleh seorang wanita yang sedang berlayar dengan kapalnya dirinya menemukan Adventure tersangkut di batang pohon yang mengapung, kemudian wanita tersebut membantu Adventure agar dapat kembali berlayar.

Lalu Adventure ditemukan oleh sebuah kapal konservasi berbendera Norwegia, cerita ini menarik perhatian media Norwegia. Kini Adventure tengah berada diatas kapal Norwegia bernama Christian Radich, sebuah kapal layar besar. Mereka akan membantu Adventure untuk melintasi Atlantik, dengan membawanya ke Cape Verde dan meluncurkannya lagi ke laut setibanya disana.

Image copyright PA / Ferguson family

 

Source
www.bbc.co.uk

Related Articles

Check Also

Close
Close