DuniaTekno

China akan segera memblokir penggunaan VPN

Menurut laporan dari Bloomberg, Pemerintah China telah memerintahkan tiga penyedia layanan telekomunikasi untuk menutup sepenuhnya akses para pengguna ke virtual private networks (VPN) dengan batas waktu hingga 1 Februari 2018.

Langkah ini akan mempengaruhi jutaan orang di China yang mengandalkan VPN untuk mengakses informasi dari lusinan website populer yang diblokir di Negeri Tirai Bambu tersebut. Google, Facebook dan Twitter adalah beberapa dari website yang diblokir.
China telah mengeluarkan wacana mengenai pemblokiran VPN ini sejak beberapa waktu yang lalu, pengumuman terbaru ini adalah sebuah langkah konkrit mengingat Pemerintah China juga memberikan tenggat waktu pemblokiran. China Mobile, China Unicom, China Telecom adalah tiga raksasa penyedia layanan telekomunikasi yang akan melakukan pemblokiran ini, ketiganya adalah perusahaan milik pemerintah.

Pada Bulan Januari yang lalu ,Menteri Industri dan Teknologi Informasi China telah berjanji akan memperketat kontrol VPN, ditambahkan bahwa jasa layanan VPN akan dan harus mendapatkan ijin sebelumnya dari pemerintah.

Menurut Stan Rosen, seorang profesor dari Univeristy of Southern California yang fokus mempelajari politik China dan masyarakatnya, Pembersihan besar – besaran ini adalah show of force oleh pemerintah sebelum Kongres Nasional Partai Komunis China ke 19, yang akan diadakan pada paruh kedua tahun ini.

Sumber : www.mashable.com

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close