Tekno

Pesawat – pesawat kargo raksasa

Airbus Beluga

Airbus ST Image: Airbus

Bentuk pesawat kargo buatan Airbus ini sekilas nampak seperti mamalia laut raksasa Paus Beluga, dan memang pesawat ini di beri nama Airbus Beluga XL karena kemiripan tersebut. Dirakit di markas Airbus di Toulouse, Perancis, bentuk dari pesawat seri Beluga berbeda dengan kebanyakan pesawat lain yang berbentuk ramping dan elegan, karena Beluga XL adalah sebuah pesawat kargo raksasa terbaru dan masih dalam produksi dan pengembangan.

Airbus Beluga ST sedang dalam proses pengangkutan komponen pesawat. Image : www.nycaviation.com

Airbus membutuhkan pesawat berukuran sebesar ini untuk mengangkut berbagai komponen utama dalam pembuatan pesawat, seperti sayap, fuselage (badan pesawat), dari pabrik – pabrik di Jerman, Perancis dan China.

Pabrik – pabrik Airbus berlokasi terpencar di berbagai negara di Eropa, untuk menjamin keberlangsungan rantai pasokan dalam proses produksi sebuah pesawat, maka mereka harus dapat mengangkut kargo – kargo berukuran besar dari satu pabrik ke pabrik lainnya tanpa hambatan.

Pesawat Super Guppy, Image copyright NASA

Pada era 1970an, proses pengangkutan ini dilakukan menggunakan pesawat Super Guppy, sebuah pesawat dari hasil pengembangan pesawat Boeing turbo-prop, C-97 Stratofreighter. Pada tahun 1995, pesawat Super Guppy digantikan oleh generasi pertama Beluga yaitu Beluga ST, pesawat bermesin jet ganda buatan Airbus.

Lima buah Beluga ST milik Airbus. Image : Airbus

Airbus kini memiliki lima buah Beluga ST yang masih beroperasi, salah satu kegunaan utama pesawat – pesawat ini adalah menerbangkan sayap milik pesawat jenis A350 dari Broughton di North Wales, dimana sayap – sayap tersebut diproduksi, ke markas Airbus di Toulouse, untuk proses perakitan.

Dilansir dari bbc.com, kepala program Beluga XL menyatakan bahwa dengan adanya jenis baru yang lebih besar seperti Beluga XL, mereka dapat mengangkut dua sayap sekaligus dan meningkatkan kecepatan produksi.

Airbus Beluga XL, masih dalam proses produksi. Image : PHILIPPE MASCLET MASTER FILMS

Beluga XL menjalani penerbangan percobaan pada tahun ini, dan akan mulai beroperasi pada tahun 2019. Dua unit pesawat jenis ini sedang dalam pembuatan, dan Airbus berencana membuat lima unit. Pesawat Beluga jenis sebelumnya akan berhenti beroperasi pada tahun 2025.

1 2 3Next page
Source
www.bbc.comCNN.com
Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close