Hiburan

Selain Bruce Wayne, tokoh – tokoh ini pernah menjadi Batman

Berikut beberapa tokoh yang pernah menggantikan peran Bruce Wayne sebagai Batman di dalam universe Batman :

 

ALFRED PENNYWORTH

Image : DC comic

Pelayan setia keluarga Wayne yaitu Alfred Pennyworth pernah menjadi Batman, hal ini diceritakan pada seri komik Batman: Rebirth. Alfred mengenakan kostum Batman untuk membantu Batman asli dalam mengatasi seorang penjahat bernama Gotham yang ingin menghancurkan kota Gotham. Selain itu, diceritakan bahwa dalam aksinya, Alfred sebagai Batman juga sempat mengendarai Batmobile.

CLARK KENT a.k.a SUPERMAN

Image : DC Comic. screenrant.com

Dalam sejarah DC, Clark Kent dan Bruce Wayne telah beberapa kali bertukar peran. Salah satu yang paling diingat adalah cerita di Superman/Batman #55 di tahun 2009, ketika Batman menerima kekuatan luar biasa yang dimiliki Superman. Ketika itu, musuh Superman bernama Silver Banshee melakukan sihir yang menyebabkan pemindahan kekuatan Superman kepada Batman.

Dengan memiliki kekuatan Superman, Bruce Wayne ingin menggunakannya untuk membuat dunia lebih aman, tetapi lama kelamaan Bruce kehilangan kesadaran dan kendali atas dirinya. Batman dikenal tidak pernah membunuh musuh – musuhnya, karena memiliki kekuatan Superman, Batman membunuh salah satu musuh bebuyutannya yaitu Bane, Batman memukul dan melubangi dada Bane. Aksi kejamnya itu dipertanyakan oleh anggota Justice League yang lain.

Alfred segera menciptakan kostum ala Batman khusus untuk Clark Kent, hal ini dilakukan agar Clark yang kini mortal atau dapat terluka dan mati, mampu melindungi diri. Kostum tersebut berwarna dan berbentuk mirip dengan kostum Batman sebelumnya, tetapi memilki simbol khas Superman di bagian dada dan tidak bertopeng. Pada akhirnya, Superman atau Clark Kent berhasil mengembalikan keadaan menjadi normal.

KOMISARIS JIM GORDON

Image : DC Comic

Sahabat Batman, yaitu Komisaris Polisi Jim Gordon pernah mengambil peran Batman ketika Batman asli diperkirakan terbunuh bersama Joker di dalam gua bawah tanah Kota Gotham. Jim Gordon ketika itu menunjuk Batman sebagai bagian program kerja sama antara Gotham City Police Department dan firma teknologi swasta. Gordon mengenakan sebuah baju zirah exosuit bertema kelelawar untuk membasmi kejahatan di Gotham (Exosuit ini bekerja seperti apa yang dikenakan oleh Tony Stark sebagai Iron Man di Marvel). Ketika Batman asli ternyata masih hidup dan muncul kembali, Gordon dengan senang hati mengembalikan peran dan nama Batman kepada Bruce Wayne.

DICK GRAYSON atau ROBIN yang kemudian menjadi NIGHTWING

Image : DC Comic. screenrant.com

Selama bertahun – tahun, Dick Grayson adalah rekan Batman dalam memerangi kejahatan. Sebelum menjadi super hero sendiri yaitu Nightwing, Dick dikenal sebagai Robin, anak didik Batman.

Beberapa tahun kemudian, lagi – lagi Bruce Wayne atau Batman asli diperkirakan terbunuh, kali ini oleh Darkseid. Dick mengambil peran Batman, walaupun ketika ternyata Bruce selamat dari serangan Darkseid, Dick tetap menjadi Batman. Selama itu Bruce Wayne fokus untuk melakukan implementasi Batman Incorporated, sebuah inisiatif global untuk merekrut “Batman – Batman” di seluruh dunia, sedangkan Dick berkonsentrasi kepada kedamaian kota Gotham dan Justice League.

DAMIAN WAYNE

Image : DC Comic. | comicbookherald.com

Damian Wayne adalah anak dari Bruce Wayne dan Talia Al Ghul. Karena hal tersebut, Damian diceritakan masih bimbang antara kebaikan dan kejahatan. Kemudian menemukan keseimbangan selama memerangi kejahatan sebagai Robin untuk ayahnya yaitu Batman. Di masa depan, Damian menjadi Batman menggantikan ayahnya, tetapi aksi – aksi yang dilakukannya lebih gelap daripada Batman Bruce Wayne.

 

Source
screenrant.comcbr.com
Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close