Dunia

Ilmuwan Stephen Hawking meninggal dunia

Stephen Hawking, ilmuwan fisika teoretis yang banyak membentuk ilmu kosmologi modern dan fisika kuantum, telah meninggal pada usia 76 Tahun.

Keluarga Hawking mengumumkan pada hari Rabu dini hari 14 Maret 2018 mengenai berpulangnya salah satu tokoh dunia ini. Anak – anak Hawking menyatakan kesedihan yang mendalam atas kepergian ayah mereka dan berharap warisan ilmu Hawking sebagai ilmuwan akan terus abadi dan berguna.

It would not be much of a universe if it wasn’t home to the people you love~Stephen Hawking

Pada tahun 1963 ketika Hawking berusia 21 tahun, dirinya didiagnosa memiliki penyakit neuron motorik yang mengakibatkan kelumpuhan. Saat itu para dokter memperkirakan Hawking hanya akan hidup dua tahun lagi. Tetapi tak disangka penyakit Hawking berkembang lebih lambat dari biasanya, drinya bisa bertahan lebih dari setengah abad.

Hawking menulis berbagai buku dan karya ilmiah mengenai teori fisika juga alam semesta dan dirinya  menerima berbagai penghargaan semasa hidupnya. Walaupun Hawking harus duduk di kursi roda dan menggunakan suara buatan untuk berbicara, tetapi pemikiran Рpemikiran briliannya terus memukau dan menginspirasi banyak individu di dunia.

Pada tahun 2014 kisah hidup Hawking diceritakan didalam film berjudul The Theory of Everything, yang diperankan oleh Eddie Redmayne dan Felicity Jones.

 

Tags

Related Articles

Close