Dunia

Mendur bersaudara, pemotret foto – foto Proklamasi Republik Indonesia

Image: antarafoto.com/ IPPHOS

Momen – momen Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, bisa saja tidak terabadikan, jika bukan karena dua wartawan fotografer bersaudara Alex dan Frans Mendur. Berkat mereka, kini Indonesia memiliki dokumentasi di momen paling penting dalam sejarah kemerdekaan.

Duo bersaudara yang bernama lengkap Frans Sumarto Mendur dan Alexius Impurung Mendur saat itu bekerja untuk kantor berita Jepang, Domei & koran Asia Raya. Frans & Alex Mendur tak sengaja mendengar kabar mengenai rencana proklamasi kemerdekaan RI. Walaupun belum jelas, jiwa wartawan membuat mereka tetap bergegas ke rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur, Cikini, Jakarta Pusat, pada hari Kamis, 16 Agustus 1945. Benar adanya, malam itu sudah banyak orang berkumpul di sana.

Pagi buta pada 17 Agustus 1945, Mendur bersaudara kembali berangkat menuju rumah Soekarno. Dengan berbekal kamera Leica dan rol film yang dipinjam dari kantor berita Djawa Shimbun Sha, mereka bergerak melalui dua rute terpisah demi keamanan dan menghindari kecurigaan patroli tentara Jepang, keduanya tiba di Pegangsaan Timur pada waktu subuh.

Tanpa ada perintah dari siapapun, mereka memotret dan mengabadikan berbagai momen pada hari bersejarah tersebut, mulai dari berkumpulnya rakyat, pembacaan teks Proklamasi oleh Soekarno hingga Pengibaran Bendera Merah Putih.

Setelah acara usai, Alex dan Frans segera pergi dari Pegangsaan untuk menyelamatkan diri dan foto – foto yang mereka abadikan. Sayangnya kamera milik Alex dirampas dan dihancurkan oleh tentara Jepang pada sebuah penggeledahan di jalan, film pada kamera Alex yang merekam momen – momen pembacaan Proklamasi juga ikut hancur.

Dari kejauhan Frans melihat apa yang terjadi pada kakaknya dan segera mengeluarkan roll film yang ada pada kameranya kemudian mengubur film tersebut di halaman belakang kantornya, kantor berita Asia Raya di Hayam Wuruk. Segera dia memasang roll film kosong pada kameranya, benar saja, setelah itu Frans juga tak luput dari penggeledahan dilakukan tentara Jepang, yang kala itu sedang siaga penuh karena mendengar adanya informasi mengenai Proklamasi Kemerdekaan RI. Pada malam hari Frans mengambil lagi roll film yang dia kubur, dan mencucinya secara diam – diam. Foto proklamasi RI hasil potretan Frans Mendur pertama kali diterbitkan di Harian merdeka, 19 Februari 1946.

Foto – foto proklamasi Kemerdekaan RI adalah sebagian dari momen – momen yang berhasil mereka abadikan, salah satu foto ikonik lain dipotret oleh Alex Mendur adalah foto Bung Tomo yang tengah berpidato mengobarkan semangat para pejuang dalam melawan Belanda. Sedangkan Frans, memotret pertemuan Soekarno dan Hatta saat sang proklamator baru saja kembali dari pengasingan di Sumatera pada tahun 1942.

Source
detik.comTirto.idHistoria.id
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close