Dunia

Pesan dalam botol tertua yang pernah ditemukan.

Sepasang suami istri menemukan botol gin berusia 132 tahun di pantai di Australia Barat, menurut sang suami, Kym Illman dia melihat botol terkubur pasir di pantai didekat Wedge Island pada bulan Januari. Mereka tertarik ketika melihatnya, karena botol tersebut terlihat antik, dan berencana memajangnya di rak buku dirumah mereka.

Didalam botol tersebut mereka menemukan gulungan kertas, setelah diperiksa gulungan kertas tersebut dicetak di Jerman dan bertanggal 12 Juni 1886. Pihak museum Australia juga telah meneliti dan menyatakan bahwa surat tersebut asli.

Lukisan Kapal Layar Paula, IMAGE: ARTIST: EDOUARD ADAM. IMAGE COURTESY: DEUTSCHES SCHIFFAHRTSMUSEUM-UNTERWESER

Pada saat itu, Paula sedang dalam misi penlitian untuk melacak arus laut dengan melemparkan ribuan botol dengan pesan didalamnya. Tiap pesan didalam botol berisi koordinat kapal, tanggal, dan nama kapal, yang kemudian digunakan oleh Anderson untuk melakukan verifikasi keaslian.

Anderson juga membadingkan contoh tulisan tangan yang ada di kertas tersebut dengan catatan Kapten Kapal Paula mengenai meteorologi, dan dalam catatan tersebut tercatat bahwa mereka melempar sebuah botol pada tanggal 12 Juni 1886. Penemuan ini juga dikonfirmasi oleh German Naval Observatory. Pesan dalam botol tertua yang pernah ditemukan sebelumnya berusia 108 tahun.

Dari ribuan botol yang dilempar kelaut dari penelitian yang sama, 662 botol telah ditemukan dan dikembalikan, yang terkahir ditemukan di tahun 1934.

 

 

Source
theguardian.com
Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close