Jejaring sosial dunia paling populer hingga akhir Januari 2018
Salah satu fakta menarik dari keberadaan dan aktifitas di internet adalah selalu ada orang atau organisasi atau mesin/robot yang mencatat setiap click, setiap view, dan setiap sign-up yang dilakukan oleh siapapun yang terhubung dengan internet. Bergantung pada sudut pandang masing-masing, hal ini bisa dianggap sesuatu yang sangat menakutkan (karena semua aktifitas di internet menjadi terpantau) atau justru malah sesuatu yang sangat menarik untuk diungkap.
Dari laman Brandwatch yang dilansir akhir 2017 lalu terungkap pengguna internet saat ini telah mencapai hampir separuh populasi di dunia (3.5 milliar pengguna dari 7.6 milliar penduduk). Dan hal yang cukup menarik yakni 3.03 milliar pengguna internet adalah pengguna aktif berbagai jenis jaringan media sosial. Baru-baru ini portal statistik statista merelease data ranking jejaring sosial di dunia yang paling populer hingga Januari 2018 ini.
Tampak ranking pertama diduduki oleh Facebook yang mencapai lebih dari 2,1 milliar pengguna aktif, yang kemudian disusul oleh Youtube dan Whatsapp. Jaringan sosial yang populer umumnya menyediakan dukungan berbagai bahasa dan memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan pengguna lainnya lintas wilayah geografis, tanpa batasan politik dan ekonomi. Informasi statistik yang dipaparkan meliputi berbagai jenis platform jaringan sosial. Platform seperti Facebook atau Google+ menekankan interaksi melalu fitur berbagi foto dan sharing status serta social games. Jaringan sosial lainnya seperti Tumblr atau Twitter fokus pada komunikasi cepat terbatas atau sering disebut dengan istilah microblogs. Selain itu terdapat juga sejumlah layanan komunikasi fokus pada komunitas seperti WhatsApp, LINE, dan juga Telegram.
Statista juga merilis bahwa dari 2 milliar lebih pengguna Facebook tercatat India dan Amerika menjadi negara dengan jumlah pengguna aktif di Facebook yang tertinggi. Gabungan pengguna dari dua negara tersebut memberikan kontribusi hampir 25% pengguna dari seluruh dunia. Sementara itu Indonesia dan Brasil bisa dikatakan sama-sama berbagi pada posisi ke-tiga sebagai negara dengan pengguna Facebook terbesar di dunia. Semoga kontribusi kita tidak hanya sebagai pengguna saja namun juga memberikan value lebih di kehidupan kita sehari-hari (sebagai brand awareness, targeted advertising, peningkatan website traffic, dan sebagainya).