Dunia

Pulau ini berganti negara penguasa setiap enam bulan sekali

Image : www.bbc.com

Minggu depan, Perancis akan menyerahkan wilayahnya seluas 3,200 meter persegi kepada Spanyol tanpa satupun konflik. Tapi dalam waktu enam bulan Spanyol akan mengembalikan wilayah tersebut kepada Perancis, dan kedua negara akan terus bertukar wilayah dalam enam bulan sekali.

Pulau yang bernama Pheasant Island atau dalam bahasa Perancis yaitu Ile des Faisans, dan dalam bahasa Spanyol Isla de los Faisanes, adalah sebuah pulau yang minim akses ditengah sebuah sungai, penuh dengan pepohonan dan rumput yang terpotong rapi. Ditengah pulau tersebut ada sebuah monumen yang menandai sejarah unik ini yang dimulai tahun 1659.

Lukisan Raja Perancis Louis XIV and dan Raja Philip IV bertemu di Pheasant Island pada tahun 1660

Dilansir dari BBC.com kejadian ini diawali di tahun 1660 dari negosiasi selama tiga bulan di Pheasant Island oleh pihak Spanyol dan Perancis untuk perdamaian kedua negara setelah perang yang cukup lama. Perjanjian perdamaian yang bernama Treaty of Pyrenees  akhirnya ditandatangani, salah satu isinya adalah perubahan garis perbatasan kedua negara selama enam bulan sekali yang mengakibatkan pertukaran pulau tersebut. Selain itu perdamaian Perancis dan Spanyol ditandai dengan pernikahan Raja Perancis Louis XIV dan Putri dari Raja Spanyol Philip IV.

 

 

 

Source
bbc.com
Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close