Tekno

PLTB Pertama dan terbesar Indonesia

Makin menipisnya cadangan bahan bakar fosil dan kebutuhan akan energi menjadikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) sebagai salah satu alternatif sumber energi terbarukan yang kini banyak digunakan oleh negara – negara di dunia.

Facebook/Joko Widodo

Kini Indonesia juga sedang membangun PLTB yang berlokasi di Sidrap, Sulawesi Selatan, PLTB ini akan menjadi yang pertama dan terbesar di Indonesia. Menurut antaranews.com, PLTB Sidrap memiliki total kapasitas 75MW, dengan 30 buah turbin kincir yang masing – masing berkapasitas 2,5 MW. Ditambahkan bahwa proyek ini berniali investasi sekitar 150 Juta Dollar dan rencananya akan beroperasi pada awal 2018.

Dilansir dari cnn.com, selain di Sidrap, Pemerintah Indonesia kini juga sedang membangun PLTB lain di Jeneponto Sulawesi Selatan yang berkapasitas 65MW. Daerah Timur Indonesia memang memiliki potensi untuk pengembangan pembangkit listrik melalui tenaga angin atau bayu.

Menurut Menteri ESDM Ignasius Jonan, Dengan pengoperasian PLTB ini akan mensejajarkan Indonesia dengan negara – negara Asia lain yang memiliki PLTB seperti Jepang, China, dan Korea.

 

 

 

Source
cnnindonesia.comantaranews.com

Related Articles

Close