TeknoVideo

MOTOBOT, robot biker yang sedang belajar mengalahkan Valentino Rossi (Video)

global.yamaha-motor.com

Pabrikan kendaraan bermotor Yamaha sedang mengembangkan sebuah robot  humanoid yang dapat mengendarai kendaraan roda dua atau motor, kemampuannya kini semakin mendekati kemampuan pengendara motor manusia. Dengan menggunakan motor Yamaha YZF-R1M yang tidak dimodifikasi, robot yang diberi nama MOTOBOT tersebut terus dikembangkan. Secara umum robot dikembangkan fokus kepada tugas – tugas spesifik, hal ini memungkinkan robot untuk dapat melebihi kemampuan manusia dalam melaksanakan tugas tersebut. MOTOBOT ditargetkan dapat mengalahkan pembalap Moto GP Valentino Rossi dalam sebuah putaran lap.

Menurut website cycleworld.com, Rossi dan MOTOBOT telah beradu kecepatan waktu dalam memutari lintasan balap Thunderhill Raceway di dekat kota Sacramento, California, walau belum berhasil mengalahkan Rossi, tetapi Yamaha menggunakan percobaan ini sebagai proses belajar bagi MOTOBOT. berikut videonya:

Pada tahun 2015 MOTOBOT berhasil mengendarai motor pada jalur lurus dengan kecepatan 100 KM/Jam, menyelesaikan lintasan slalom, dan berbelok. Di tahun 2017 ini Yamaha berusaha mengumpulkan data yang diperlukan untuk MOTOBOT dapat melebihi kemampuan pengendara manusia dan memutari lintasan balap dengan kecepatan 200 KM/Jam atau lebih. Nantinya di tahun 2020 Yamaha bertujuan untuk menggunakan segala pengetahuan, data dan teknologi yang didapat dari pengembangan MOTOBOT untuk menciptakan teknologi baru bagi para pelanggan Yamaha.

Berikut video tentang apa yang dilakukan MOTOBOT ketika mengendarai motor

Courtesy of Yamaha
Courtesy of Yamaha
Source
Yamaha
Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close