DuniaPeople

Vladimir Putin ternyata lebih kaya daripada Bill Gates dan Jeff Bezos

sumber fortune.com

CEO Amazon Jeff Bezos sempat menjadi orang terkaya walau hanya beberapa jam pada minggu lalu, jumlah kekayaan Bezos melampaui Bill Gates untuk beberapa saat setelah harga saham Amazon naik. Kedua raksasa teknologi tersebut masing – masing memiliki kekayaan sekitar 90 Milyar Dollar. Tetapi menurut Bill Browder, CEO dari Hermitage Capital Management, Bezos dan Gates tidak ada apa – apanya jika dibandingkan dengan Presiden Russia, Vladimir Putin, yang kekayaan pribadinya “dipercaya” Browder mencapai 200 Milyar Dollar.

Browder, mengeluarkan klaim tersebut dihadapan Komite Yudisial Senat AS, pada Kamis yang lalu, dan Browder adalah salah satu otoritas terbaik pada urusan bisnis milik Putin. Browder adalah investor besar di Russia dimasa krisis era 1990an. Menurut Newsweek , Browder memiliki saham perusahaan – perusahaan eks-pemerintah Russia seperti Gazprom. Pada saat itu Browder juga bekerja sama dengan Putin pada usaha anti korupsi, tetapi lama – kelamaan Browder menyadari dirinya juga menjadi sasaran Putin. Konflik yang nantinya berujung kepada penangkapan dan kematian pengacara Russia, Sergei Magnitsky.

Menurut testimoni Browder, Putin mengumpulkan kekayaan yang luar biasa tersebut menggunakan pengaruh politiknya untuk membuat para investor asli Russia untuk menyerahkan sejumlah besar kepemilikan – kepemilikan perusahaan kepadanya.

Baca sekengkapnya diĀ fortune.com

Source
http://fortune.com
Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close