Dunia

Ayam ajaib, 18 bulan hidup tanpa kepala

LIFE / GETTY IMAGES

Pada suatu haru di bulan September tahun 1945 di Fruita, Colorado, petani Lloyd Olsen dan Istrinya Clara menyembelih beberapa ekor ayam di peternakan mereka. Seperti biasa, Olsen memotong leher ayam – ayam dan Istrinya akan membersihkan ayam – ayam yang sudah disembelih dari bulu – bulu juga kotoran. Tetapi dari puluhan ayam yang mereka sudah sembelih, ada satu ayam yang tiba – tiba loncat dan berjalan walau kepalanya sudah putus dari badan.

Keesokan paginya pasangan tersebut mendapati si ayam tanpa kepala masih hidup dan berkeliaran di teras mereka. Ayam ajaib ini akhirnya menjadi salah satu hewan peliharaan keluarga Olsen dan menamainya Mike. Ketika Lloyd ke pasar untuk menjual ayam – ayam hasil sembelihan dia membawa Mike, di sanalah banyak orang yang melihat ayam tak berkepala ini.

Kabar mengenai Mike si ayam tanpa kepala menyebar di Fruita. Hingga koran lokal memuat berita kejadian janggal itu. Beberapa minggu kemudian Hope Wade seorang promotor pertunjukan sirkus dari Salt Lake City, Utah mendatangi peternakan keluarga Olsen, Wade bertujuan untuk mengajak mereka dan Mike turut serta dalam pertunjukan keliling.

Akhirnya Lloyd setuju untuk ikut dalam pertunjukan, mereka membawa Mike ke Salt Lake City dan University of Utah, di universitas itu Mike diteliti oleh para ilmuwan. Menurut rumor, para peneliti mencoba memotong kepala ayam – ayam lain secara bedah untuk melihat apakah dapat tetap hidup seperti Mike.

Clara and Lloyd Olsen | WATERS FAMILY

Lalu Llyod, Clara dan Mike melakukan tur keliling Amerika Serikat bersama Hope Wade, mereka mendatangi Arizona, California, hingga pada akhirnya Mike mati di Phoenix, Arizona pada tahun 1947.

Mike diberi makan dengan cara meneteskan makanan cair dan air langsung ke esofagus atau kerongkongannya. Selain itu Lloyd dan Clara juga rajin membersihkan cairan mukus dari tenggorokan Mike. Cairan mukus ini juga yang pada akhirnya yang menyebabkan Mike mati.

Llyod dan Clara kembali bertani setelah kematian Mike, dari hasil pertunjukkan keliling keluarga tersebut dapat membeli traktor dan truk baru yang mempermudah kegiatan bertani mereka.

WATERS FAMILY
Tapi bagaimana Mike dapat tetap hidup tanpa kepala?

Menurut Dr. Tom Smulders, ahli ayam dari Newcastle University, ayam tidak seperti manusia, jika manusia kehilangan kepalanya maka hal tersebut memutus semua hubungan otak dikepala dengan badan. Ditambahkannya bahwa volume otak ayam sangat kecil. Hampir seluruh bagian otak terkonsentrasi di belakang mata ayam. Dari laporan yang ada wajah Mike, termasuk paruh, mata, telinga dipisahkan dari leher menggunakan kapak, tetapi Dr. Smulders memperkirakan bahwa hinga 80% masa otak dan hampir semua yang mengontrol tubuh ayam, seperti detak jantung, pernapasan, rasa lapar,dan pencernaan tak tersentuh.

Source
www.bbc.com
Tags

Related Articles

Close