Dunia

Kelompok Samurai pembasmi sampah di jalanan Tokyo (Video)

Di Jepang, sekelompok anak muda ini dikenal dengan “Gomi Hiroi Samurai” – yang dalam bahasa Indonesia berarti “Samurai pengumpul sampah”.

Para samurai modern ini adalah bagian dari “Issei Ichidai Jidaigumi”, sebuah kelompok pertunjukkan berasal dari Kyoto yang telah membuka cabang di beberapa kota lain di Jepang. Kelompok pertunjukan ini sering tampil di acara- acara publik, mempertunjukkan gerakan – gerakan dan cerita samurai dengan musik juga tarian.

Dalam beberapa tahun terakhir Jidaigumi cabang Tokyo berkeliling di jalanan kota untuk memungut sampah dengan gaya yang teatrikal. Mereka berpenampilan layaknya samurai dari jaman dahulu, ditambah dengan topi fedora, kantung sampah dan alih – alih membawa Katana, mereka malah membawa alat penjepit untuk memungut sampah.

Ketika menemukan sampah, mereka akan segera memungutnya secara teatrikal sambil meneriakkan beberapa kalimat yang jika di terjemahkan berarti “Siapa yang melakukan ini ?!” atau “Hukum orang – orang yang tidak bermoral!”. Walaupun begitu, mereka tidak akan melakukan kekerasan, Gomi Hiroi Samurai cabang Tokyo ini memiliki moto “Membenci kejahatan, bukan orang yang melakukannya”, dramatisasi pengambilan sampah menjadi bagian utama dari penampilan mereka.

Bahkan di sebuah negara seperti Jepang, yang secara umum bersih, pembuangan sampah sembarangan oleh orang – orang tidak bertanggung jawab masih menjadi masalah, khususnya pada acara – acara festival besar. Atas alasan tersebut samurai pemungut sampah “main hakim sendiri” memunguti sampah yang dibuang sembarangan, menjaga kebersihan sembari menghibur orang yang ada di sekitar dengan pertunjukan teatrikal khas samurai.

Image : Jidaigumi Facebook
Image : Jidaigumi Facebook
Source
odditycentral.com
Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close