Dunia

Mamalia hybrid, hasil kawin silang lumba – lumba dan paus

Ketika sedang meneliti paus dan lumba – lumba di Kepulauan Hawaii, para ilmuwan tidak sengaja menemukan makhluk yang tidak pernah mereka temui sebelumnya: mamalia hasil kawin silang antara lumba – lumba dan paus berukuran kecil.

Pada tahun 2017, Angkatan Laut AS bekerjasama dengan para peneliti dari Cascadia Research Collective untuk mempelajari hewan- hewan asli di perairan Kauai di dekat fasilitas militer. Setelah menemukan sekelompok paus kepala melon, para peneliti menandai untuk melihat pergerakan dan aktifitas mereka.

Pada saat itu para peneliti memperhatikan sesuatu yang aneh mengenai beberapa mamalia dari sekumpulan paus yang mereka teliti. makhluk – makhluk itu bukan benar- benar seperti paus kepala melon tetapi bukan juga lumba – lumba.

Setelah mengambil contoh jaringan dari mamalia tersebut kemudian menelitinya secara genetis, ditemukan bahwa mereka bukan salah satu dari dua spesies tersebut, tetapi keduanya.

Mamalia hybrid ini sangat langka karena gen dari paus kepala melon dan anehnya keturunan hybrid ini tidak dianggap sebagai makhluk asing oleh kelompoknya yang berisi paus kepala melon asli. Para peneliti menandai mamalia hybrid  tersebut dengan GPS, dan melacak bahwa mereka berenang bersama kelompoknya ratusan mil.

Source
Mashable.com

Related Articles

Check Also

Close
Close