Dunia

Kenapa nyamuk lebih tertarik menggigit orang tertentu?

Menurut entomologist (ahli serangga) Joseph M. Conlon, ketertarikan nyamuk kepada beberapa orang tertentu bukanlah sebuah mitos. Conlon yang juga penasehat teknis American Mosquito Control Association menjelaskan bahwa nyamuk tertarik kepada seseorang disebabkan oleh zat -zat kimiawi yang keluar dari kulit.

Dilansir dari Time.com, berikut adalah beberapa alasan ketertarikan nyamuk kepada individu tertentu :

Kehamilan

Nyamuk betina (yang menggigit) ertarik dengan karbon dioksida. Saraf reseptor nyamuk dapat mendeteksi gas CO2 di sekitar mereka. Menurut penelitian pada tahun 2002 yang dipublikasi di The Lancet, menyatakan bahwa wanita yang sedang hamil mengeluarkan CO2 21% lebih banyak daripada wanita yang sedang tidak hamil. Para peneliti berspekulasi bahwa perubahan fisiologis ini membantu menjelaskan kenapa nyamuk lebih tertarik kepada wanita hamil. Tetapi CO2 mungkin saja bukanlah satu – satunya alasan, menurut Laura Harrington, PhD, seorang profesor dari Cornell Univeristy, ketertarikan nyamuk juga dapat disebabkan karena wanita hamil juga mengeluarkan bau – bauan yang menarik serangga.

Berkeringat

Menurut Conlon, ketika berolah raga secara intens ada zat dari keringat kita, yaitu Lactic acid, adalah zat yang menarik nyamuk. Ditambahkannya suhu tubuh yang tinggi ketika sedang berolahraga juga menyebabkan nyamuk mendekat.

Tipe darah O

Sebuah penelitian di Journal of Medical Entomology, menemukan bahwa nyamuk – nyamuk lebih tertarik kepada individu dengan tipe darah O. Karena darah O memiliki kecenderungan memancarkan bau yang menarik bagi nyamuk.

Menkonsumsi Bir

Sebuah penelitian dari PLOS ONE di Afrika Barat mengenai pria yang meminum antara bir dan air, mengungkapkan bahwa, konsumsi bir secara konsisten menaikkan ketertarikan nyamuk. Penelitian serupa dilakukan di Jepang, yang hasilnya adalah nyamuk tertarik kepada orang yang mencerna alkohol.Tetapi fenomena ini masih belum terejelaskan secara ilmiah.

Faktor Genetis

Para ilmuwan dari London School fo Hygiene & Tropical Medicine, melaporkan bahwa orang – orang tertentu memproduksi penolak nyamuk alami, hal ini nampaknya dipengaruhi oleh faktor genetis.

Source
time.com
Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close