Tekno

Kapal kontainer bertenaga listrik pertama dunia.

Kapal pengangkut kontainer elektrik pertama di dunia akan segera beroperasi pada musim panas tahun ini, kapal tersebut akan berlayar dari pelabuhan di Antwerp, Amsterdam dan Rotterdam.

Kapal ini didesain untuk dapat bernavigasi di jalur kanal Belanda dan Belgia, selain itu kapal ini juga didesain untuk beroperasi tanpa awak kapal, tetapi pada masa – masa awal pengoperasian kapal ini tetap akan dioperasikan oleh manusia.

Digadang – gadang sebagai “Tesla of the canals“, mesin elektrik kapal ini ditenagai oleh baterai setinggi 6 meter, dan dapat diisi ulang ketika bertambat oleh Eneco, sebuah perusahaan yang menyediakan energi bebas karbon.

Pada pengoperasiannya nanti di Bulan Agustus, 5 kapal sejenis akan mampu mengangkut 24 buah kontainer dengan beban hingga 425 Ton. Dengan adanya kapal – kapal elektrik tersebut diharapkan akan mengurangi 23,000 truk pengangkut kontainer yang sebagian besar menggunakan bahan bakar diesel dari jalanan.

Port-Liner, perusahaan Belanda yang mengembangkan teknologi kapal elektrik ini nantinya juga akan memproduksi kapal yang lebih besar.Kapal tersebut akan mampu mengangkut 270 buah kontainer dan dapat beroperasi selama 35 Jam. Penggunaan kapal – kapal ini akan mengurangi 18000 ton CO2 per tahun.

Source
theguardian.com
Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close