DuniaVideo

Video dramatis pelarian pembelot Korea Utara

Kantor PBB di Korea Selatan merilis sebuah video dramatis yang merekam usaha pelarian seorang tentara Korea Utara yang membelot dan melarikan diri ke Korea Selatan. Dapat dilihat di video, bagaikan film laga, tentara yang masih dirahasiakan identitasnya tersebut memacu sebuah jip militer melewati pos penjagaan hingga nampaknya mobil tersebut tersangkut dan tidak dapat berjalan lagi. Dia melanjutkan usahanya dengan berlari dibawah tembakan dari tentara penjaga perbatasan Korut, walau tertembak beberapa kali dia berhasil melewati zona demiliterisasi (DMZ) dan diselamatkan oleh tentara Korea Selatan.

Kini pembelot tersebut sedang dalam masa pemulihan dari luka tembak yang diderita, ditambahkan para dokter yang menanganinya menemukan dan berhasil mengeluarkan lusinan cacing parasit ditubuh pria tersebut. Hal seperti ini biasanya terjadi kepada orang yang mengalami malnutrisi.

http://www.abc.net.au

Menurut juru bicara kantor komando PBB, Kolonel Chad G Carroll, tentara Korea Utara telah melanggar perjanjian gencatan senjata dengan Korsel. Karena ketika melakukan pengejaran para tentara Korut tersebut menembakkan senjata mereka melewati zona demiliterisasi dan secara fisik melewati perbatasan.

Sekitar 30.000 orang telah melarikan diri ke Korea Selatan sejak berakhirnya Perang Korea di tahun 1953, walaupun begitu hanya sedikit dari para pembelot tersebut kabur melalui DMZ yang dijaga ketat. Kebanyakan dari mereka menyeberang ke Korsel dengan terlebih dahulu melalui China.

Source
www.theguardian.comyoutube.com

Related Articles

Check Also

Close
Close